Rabu, 22 Agustus 2012

Penanganan Proses dalam Sistem Operasi


Berkaitan dengan penanganan proses, dikenal beberapa istilah seperti multiprogramming, multitasking, penyimpanan virtual, time sharing dan multiprocessing.
Multiprogramming adalah suatu metode yang memungkinkan dua buah  program atau lebih dijalankan secara serentak dalam sebuah computer dan berbagi sumber daya dalam waktu yang berlainan. Sebagai contoh, dalam satu waktu sebuah program sedang menggunakan CPU, sedangkan program yang lain menggunakan printer. Sebelum konsep multiprogramming diterapkan, system operasi hanya menjalankan sebuah program pada satu waktu.
Multitasking adalah suatu kemampuan yang memungkinkan seorang pemakai menjalankan sejumlah program dalam waktu yang sama. Cara seperti ini umum dalam system PC. Dengan menggunakan system operasi Windows, seseorang dapat menjalankan program word untuk membuat dokumen sekaligus menjalankan program Exel untuk membuat perhitungan-perhitungan dalam tabel. Pemakai dapat berpindah dari satu program ke program lain dengan mudah dan setiap program tetap dieksekusi oleh CPU.
Timesharing adalah sebuah metode yang dipakai system operasi yang memungkinkan sejumlah pemakai dapat berinteraksi dengan proses yang dibuatnya karena setiap proses akan ditangani oleh CPU secara bergantian dalam jumlah waktu yang sama. Timesharing merupakan pengembangan lebih lanjut terhadap multiprogramming.
Penyimpanan virtual adalah suatu metode yang menangani sejumlah program dengan menjalankan program dengan membagi program-program tersebut kedalam bagian-bagian yang lebih kecil dan berukuran sama dengan hanya sebuah bagian dari setiap proses yang ditaruh dalam memori utama persatuan waktu.
Multiprocessing adalah suatu kemampuan system operasi yang menjalankan dua atau lebih instruksi secara serentak dengan menggunakan sejumlah CPU dalam sebuah computer. Dengan pendekatan seperti ini, system operasi dapat mengatur agar sejumlah CPU menjalankan instruksi – instruksi yang berbeda yang terletak dalam sebuah program dalam waktu yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar